Jumat, 05 Juli 2013

Tinta

      
Tinta  merupakan sebuah media yang begitu  kompleks ,berisikan pelarut ,pigmen resin surfaktan (unsur basah yang menurunkan tekanan dari sebuah cairan ) dan pelumas sollubilizer (yaitu senyawa membentuk ion ion polimer polar dengan resin tahan air  ) dan ada tambahan materi - materi tambahan partikuler ,pemijar dll.
Kegunaan tinta tentu sudah banyak yang tahu yaitu mewarnai suatu bidang  menghasilkan gambar atau disain .
   Ternyata jenis jenis tinta begitu banyak sesuai dengn fungsi nya /kegunaan yaitu:
Tinta mesir  ialah tinta y g  terbuat dari bahan metal ,kulit ,kacang- kacangan dan mahluk laut seperti cumi atau di sebut tinta sepia  biasa buat menulis.
tinta india ialah tinta warna  hitam yang berasal dari asia ,tinta serpihan besi dan tanin yang berasal dari tumbuhan biasa di gunakan para pelukis kuno.
Tinta walnut ialah tinta yg terbuat dari buah kenari dan digunakan pelukis kuno
Tinta karet/Rubber/GL/pasta karet adalah tinta yg banyak di gunakan di indonesia merupakan tinta berbasis textil untuk bahan katun atau semi polyester
Tinta extender /pigmen ialah tinta yg di gunakan untuk textil juga tapi memiliki sedikit bibit warna dibanding tinta textil lainnya.
Tinta puff/foamming ialah tinta textil yg di gunakan pada sablon bahan dan warna aga gelap untuk finising sablon .
Tinta plastisol ialah tinta textil yg  di gunakan finising  untuk hasil yg lebih cerah dan aga lama kering di banhan yg di pakai .
Tinta super white ialah tinta  pengembangan dari tinta GL di gunakan untuk bahan yg warna gelap dan miliki han fill yang sangat lembut .
Tinta gli ster ialah tinta  textil yg kelapkelip di baju /bahan biasa wqarna gold ataw silver.
Tinta aspalt tinta ini  mengahsilan efek salona yang  mengahsilkan kerutandan abstrak.
Tinta discharge /cabut warna ialah tinta textil untuk bahan katun  dan untuk menonjolkan warna dasar pada sablon .
Tinta  glow  in the dark  ialah tinta yg dengan campuran fosfor dan medium dan bisa nyala di kegelapan .
Sejarah tinta
Kurang lebih 5000 tahun yang lalu ,sebuah tinta menghitam kan permukaan yang timbul dari sebuah gambar tulisan yang di tulis pahatan di batu   di kembangkan  di china .
Tinta bermula dari kulit binatang serta jelaga dari asap kayu cemara ,lampu minyak dan jelatin kulit binatang serta darah yang di bekukan . tinta pada awal ya di gunakan pada abad ke 4 SM dari componen kimia .Document india yang di tulis di kharosthi  (sejenis naskah india kuno )tergali di turkinistan china ,jain sutra (naskah religi india kuno)
Romawi kuno ,antramentum yang di pergunakan  sebuah artikel pada chirtisn science monitor ,sharon j.hutington menjelaskan tin ta sekita 1600 tahun lalu resep tinta yg terbuat dari garam besi asamfero  yg di lumuri asam sulfst  di campur tunin dari galnut .
Penggunaan tinta moderen
Para konsumen tinta menaruh perhatian pada isi ulang  untuk pena mereka dan printer ,untuk digunakan lebih praktis di rmah rumah dan perkantoran .
Aspek kesehatan
Ada sebuah kesalahan pahaman tinta tidak membahayakan walau tertelan  ,itu salah ,tinta berbahaya bila tertalan meski tidak menyebapkan kematian ,efek ya iritasi kulit ,dan kerusakan sistem saraf  ,karna tinta mengandung  p-Anisidine
Ada pun dampak baik buat  kesehatan yaitu tinta yang terbuat dari cumi  di gunakan sebagai obat kanker ,walau tinta cumi dianggap sebagai limbah , bedasarkan penelitian yang di lakukan oleh Hiroki university jepang da Hirosaki university jepang ,  tinta cumi dapat mengaktifkan sel darah putih  untuk melawan tumor Mereka  memurnikan sebagian tinta cumi itu menjadi suatu campuran yang terutama terdiri atas glusida  (gabungan gula, protein dan lipid).  “Sebenarnya  tak  ada  alasan khusus mengapa  kami  memakai tinta  cumi pada mencit-mencit  yang ditumbuhi  kanker”, Kini  kegiatan  para  ilmuwan  itu adalah mencari  zat  aktif dalam  tinta itu dan mengisolasinya. Diduga zat itu bekerja  dengan  mengaktifkan  komponen  sel  darah  putih  yang  disebut makrofag alias sel pemangsa raksasa, sehingga  meningkatkan  daya  tahan tubuh di sekitar sel tumor khusunya. Siapa  tahu  zat  yang  dapat  menyelamatkan  jiwa  60%  mencit-mencit kanker itu dapat berguna guna untuk melawan kanker pada manusia.
      Penelitian  ini diakui harus dilanjutkan sehingga hasilnya dapat  lebih valid. Selain  itu, mungkin  ada manfaat lain  selain sebagai obat melawan tumor. Namun yang pasti, bahan yang biasa  dibuang  dan  tidak  dikonsumsi oleh manusia ternyata memiliki manfaat bagi dunia kedokteran.
,jadi tinta cumi dapat dimakan  baik untuk kesehatan tidak Cuma daging ya saja .

Sumber dari:

: ink, en.wikipedia.org.
   reviewhealthonline.blogspot.com
 Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia
http://www.artikata.com/arti-354670-tinta.html
.http://www.chem-is-try.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar