Rabu, 03 Juli 2013

MANFAAT DAMAR DI DUNIA INDUSTRI



Pohon damar (Agathis dammara (Lamb.) Rich.) adalah sejenis pohon anggota tumbuhan runjung (Gymnospermae) yang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Damar menyebar di Maluku, Sulawesi, hingga ke Filipina . Di Jawa, tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getah atau hars-nya. Getah damar ini diolah untuk dijadikan kopal.
Manfaat damar atau yang biasa juga disebut resin, adalah sebagai bahan baku industri. Kualitas resin damar yang rendah dimanfaatkan pabrik cat bermutu rendah di Indonesia sedangkan mutu yang baik diekspor terutama ke Singapura. Dari Singapura, setelah diproses kemudian diekspor  sebagai insens atau bahan dasar industri cat, tinta, dan vernis di negara-negara maju. Sebagian kecil diekspor ke Indonesia untuk industri batik dan membuat insens berkualitas rendah.  Dewasa ini, Kalimantan dan terutama Sumatera Selatan merupakan  penghasil utama resin damar yaitu 80% dari total produksi.
Damar adalah resin yang diperoleh dari beberapa jenis pohon dari marga Dipterocarpaceae diantaranya meranti (Shorea spp). Resin tersebut dipanen dengan menyadap batang pohon yang masih hidup. Di Maluku terdapat 4 jenis damar yaitu damar mata kucing, damar pilau, damar batu dan damar daging dengan potensi rata-rata selama 5 tahun terakhir berkisar antara 20.000  kg s/d 715.000 kg (Anonim 2007). Penyebarannya diwilayah Seram Bagian Barat. Damar dihasilkan dari tumbuhan yang sakit atau mengalami kerusakan pada kayu gubalnya (Appanah dan Trumbull, 1998).
Resin damar dikelompokkan menjadi resin cair dan resin padat. Resin cair mengandung resin dan minyak esensial (oleresin) berwujud cair dan memiliki aroma yang khas. Resin padat adalah resin berbentuk padat karena sebagian kecil minyak esensialnya telah menguap. Resin padat mudah pecah atau patah (Appanah dan Trumbull, 1998). Resin damar mengandung asam gurjunik (C22H34O4) dan sejumlah naptha yang mudah menguap dan mengkristal.  Sifat fisik yang unik dari minyak damar adalah pada suhu 30oC  berubah menjadi gelatin.
Contohnya Getah damar mata kucing banyak digunakan untuk bahan emulsi ( campuran) pewarna, cat, tinta, aromatik untuk makanan, bahkan juga untuk kosmetik. Sedangkan getah damar batu selama ini dikenal untuk pembuatan kapal boat setelah dicampur kerosin. Dalam perkembangan industri modern, damar batu ini juga dipakai untuk bahan cat, vernis atau politur. Larutan damar dalam kloroform dapat dipakai untuk mengawetkan binatang dan tumbuh-tumbuhan untuk pemeriksaan mikroskop. Dalam tradisi masyarakat, resin damar dijadikan bahan bakar lampu, penambal perahu dan kerajinan tangan. Resin ini digunakan sebagai campuran resin aromatik, berupa styrax benzoin yang dimanfaatkan sebagai  bahan baku kemenyan dan disinfektan fumigan.
Resin damar dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk diare dan disentri, salep untuk penyakit kulit dan penyembuhan gangguan pendengaran, kerusakan gigi, sakit mata, bisul dan luka (Appanah dan Trumbull, 1998). Secara teknis, dapat digunakan sebagai bahan cat, celupan batik, lilin, tinta cetak, linoleum dan kosmetik. Triterpenes yang diisolasi dari damar telah digunakan sebagai media antivirus pada budidaya in vitro untuk penyakit Herpes simplex virus tipe I  dan II (Poehland et al, 1996).

7 komentar:

  1. Kami ingin menawarkan Getah Damar Maluku Utara, siap Kirim sesuai permintaan sebulan 50 sampai 100 Ton.

    Thanks
    Said
    081380085666

    BalasHapus
  2. Kami ingin menawarkan Getah Damar Maluku Utara, siap Kirim sesuai permintaan sebulan 50 sampai 100 Ton.

    Thanks
    Said
    081380085666

    BalasHapus
  3. Kami ingin menawarkan getah damar mata kucing asal lampung.. Siap kirim 15 ton per 2 minggu,,

    Angga (085269794212)

    BalasHapus
  4. Kami ingin menawarkan getah damar mata kucing asal lampung.. Siap kirim 15 ton per 2 minggu,,

    Angga (085269794212)

    BalasHapus
  5. Kami menawarkan Damar Mata kucing, barang ready ,siap kirim ,legal
    minat Hub:Zaldi 085213248861

    BalasHapus
  6. Kami siap menawarkan damar mata kucing asli lampung.
    Minat hub: 082176118157 (indra)

    BalasHapus