Rabu, 03 Juli 2013

STAMPER MAKING PROCESS

Sebelum anda menikmati tontonan CD/DVD ada proses yang sangat panjang di dalamnya. Ribuan keping CD/DVD di buat oleh pabrik replika untuk di gandakan, proses tersebut di namakan replikasi, yaitu merupakan proses memperbanyak Cd/DVD yang jauh lebih cepat di banding proses duplikasi. Dalam poses ini di perlukan sebuah cakram optik atau sering di sebut juga stamper.
BAGAIMANA STEMPER ( cakram optik ) DI BUAT??? Berikut adalah tahapan stampoer di buat;


Pre-Mastering proses persiapan dari perpindahan media untuk mastering. proses ini termasuk verfikasi data untuk format yang tepat
Am Mastering sistem dimana proses mastering di lakukan,
Intake station (INT) proses penyimpanan glass master pada mesin AM Master
Cleaner Station (CLR) proses pembersihan glass master menggunakan DI water Glass Master siap untuk proses berikutnya .
Coating Station (COA) proses glass master di lapisi oleh cairan photo resist, cairan ini berfungsi untuk menyimpan data pada saat proses laser beam recording.
Pre-bake Station (PRE) proses glass master di panaskan hingga lapisan photo resist pada glass dapat menyatu dengan sempurna.
Cool down station proses pendinginan suhu agar siap di proses selanjutnya.
Laser Beam Record (LBR) proses pemindahan data dari format DDP ke dalam glass master dengan sistem laser , dalam proses ini kenudian di buatlah judul stamper ID, Running Number, Barcode & IFPI Cd ( 12 menit) DVD.
Developer Station (DEV) di dalam ini proses pemunculan data yang telah di proses paba LBR sehingga dapat terlihat dalam kasat mata dan juga proses pembuangan sisa photo resist yang tidak terpakai,
Sputtering (SPU) Proses pelapisan nikel yang sangat tipis pada glass master yang berguna untuk pelekatan nikel plat pada proses elektroforming
Ready Stack (RDY) penempatan glass master yang telah siap untuk proses elektroforming
Pemeriksaan visual glass master pemeriksaan stamper ID proses dan barcode, bad code (stains/noda, black spot, scrates, horse shoe)
Elektroforming pembentukan nikel pelet menjadi lapisan/platnickel sehingga menjadi sebuah stamper.
Cleaning Process proses pencucian stamper yang sudah di elektroforming mengunakan sodium hydroxide, sulfuric aciddan di keringkan mengunakan ozone,
Stamper taper Melindungi lapisan data pada stamper, untuk proses polishing & stamper puching
Stamper back polishing proses penghalusan pada permukaan stamper ( bagian yang tidak ada data)
Stamper punching proses melubangi stamper untuk CD 34 mm dan untuk DVD 22 mm
Stamper thickness tester Proses pengecekan ketebalan stamper cd 295 +5 um dan dvd 295 + 3um.


   Satu lagi karya dari dunia industri, tidak hanya yang kita sering dengar atau bicarakan sehari - hari yaitu industri manufakturing dan industri jasa,

 tetapi tahukah anda ada satu lagi lingkup industri yang sekarang ini sedang berkembang pesat yaitu industri Entertein atau industri Hiburan, bisa di katakan  industri entertain adalah merupakan industri yang terdiri dari sebuah besar sub industri yang di tunjukan khusus pada hiburan yang berfokus mengontrol distribusi dan pembuatan media massa yang memiliki konotasi terhadap pentas seni populer, khususnya teater musikal, film, drama, komedi musik dll.

seiring perkembangan zaman dunia industri hiburan dapat di kemas dengan beberapa teknologi, kita ketahui sebelumnya industri hiburan yang sedang marak saat ini yaitu seperti FILM dan Musik, masing - masing owner industri tersebut ingin memberikan kepuasan terhadap pelanggannya dalam berbagai cara demi mendapatkan kepercayaan serta profit tentunya, oleh karena itu untuk membantu menghasilkan sebuah karya yang sempurna tidak hanya di perlukan sumber daya manusia saja tetapi juga harus memiliki teknologi yang canggih agar dapat mempermudah dan mendukung industri hiburan tersebut..

industri Film dan musik sangat berhubungan sekali dengan media penyalur dan media audio visual, untuk menampilkan produknya, dalam pembuatan film dan musik sendiri memerlukan sebuah alat atau media untuk menyimpan dan mereplikasi hasil karyanya agar produknya atau hasil karyanya dapat mudah di pasarkan ke masyarakat, sekarang ini sudah dapat kita lihat sendiri hasil - hasil karya tersebut sudah dapat kita nikmati dalam bentuk yang ergonomis dan simpel, dalam kepingan CD/DVD.

Sumber:
http://www.visoracd.com/production-lines.html
http://www.imd.co.id/main/berita/proses-pembuatan-stamper-cakram-optik/
http://www.bisnisnews.com
wikipedia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar