Jumat, 05 Juli 2013

INDUSTRI PUPUK

 Tingkat kesuburan tanah dan tanaman tidak lepas dari peran pupuk, kenapa ya ? kalau bagi para petani atau yang hobi bercocok tanam mungkin sudah tau jawabnya. Fungsi dari pupuk adalah untuk mencukupi kebutuhan unsur hara yang di perlukan tanaman sehingga mampu berproduksi dengan baik atau bisa disebut juga sebagai suplemen yang merangsang pertumbuhan dan meningkatkan metabolisme dari tanaman untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.


 Secara umum pupuk digolongkan menjadi dua yaitu :

1. Pupuk Organik, adalah pupuk yang terbuat dari sisa-sisa/kotoran mahluk hidup yang di olah melalui proses pembusukan oleh bakteri pengurai, pupuk organik mempunyai komposisi kandungan hara yang lengkap.
Contohnya: Pupuk kandang, Pupuk kompos, Pupuk humus, Pupuk hijau.

2. Pupuk Anorganik, adalah jenis pupuk yang di buat dari pabrik dari proses pencampuran bahan kimia untuk mendapatkan hasil kandungan hara yang tinggi. Pupuk jenis ini termasuk satu atau lebih dari tiga unsur paling penting atau unsur primer dalam nutrisi tanaman yaitu Nitrogen (N), fosfor (P), dan Kalium (K).
Contohnya : Pupuk Urea,TSP, SP36,KCL.

Dari tiga unsur penting di atas sebenarnya apa aja fungsinya:
 Kenapa Nitrogen penting, karena nitrogen berfungsi untuk kelangsungan pertumbuhan tanaman yang di butuhkan dalam jumlah banyak. Apabila tanaman mengandung cukup N maka akan menunjukan warna daun yang hijau tua yang artinya klorofil dalam daun tinggi, apabila kekurangan N maka daun akan menguning.
 Tanaman juga harus mendapatkan Fosfor (P) secara cukup untuk pertumbuhan secara normal.fungsi penting fosfor di tanaman yaitu dalam proses fotosintesis,respirasi,transfer penyimpanan energi,pembelahan dan pembesaran sel serta proses-proses di dalam tanaman lainya.
 Ion kalium(K) berfungsi sebagai aktivator dari banyak enzim yang berpartisipasi dalam proses metabolisme tanaman.

 Pupuk dari bentuk fisiknya bisa di bedakan menjadi dua yaitu dalam bentuk padat dan bentuk cair. umumnya pupuk padat biasa berbentuk butiran atau kristal, sedangkan pupuk cair dalam bentuk konsentrat atau cairan. Di dunia industri saat ini sudah banyak pabrik-pabrik yang memproduksi pupuk jenis kimia modern atau pupuk anorganik. Tapi kalau mau pupuk dengan harga murah ya pastinya pupuk organik karna lebih mudah di dapat.

Mungkin itu saja, dari saya bahasan tentang Pupuk semoga bermanfaat.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pupuk
http://epetani.deptan.go.id/pupuk
http://tokopupuk.net/

    


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar